Ciri-ciri HP Android Terjangkit Virus yang Perlu Diketahui

DNEROFFICIAL.COM - Mengapa HP Android bisa terjangkit virus, lalu bagaimana ciri-ciri HP Android terjangkit virus yang perlu diketahui. Serta apa saja penyebab virus pada HP Android? Anda pasti tidak menginginkan hal ini bukan, 

Bagaimana cara mengetahui HP Android kena virus? Serta tindakan apa yang harus kita lakukan untuk mencegah dan waspada?

HP Android yang saat ini kita miliki memang sangat rentan terjangkit virus atau malware, hal ini bisa ditemui dimana saja dan kapan saja saat kita menggunakan internet. Contohnya yang sering terjadi ketika sedang menginstal sebuah file aplikasi atau mengunduh file game tertentu. Hingga tidak sengaja mengakses situs berbahaya.
Untuk itu perlunya memperlengkapi pengetahuan terkait perangkat elektronik yang terkena virus atau malware, berikut akan dijelaskan secara singkat apa saja ciri-ciri HP Android terjangkit virus yang perlu diketahui dan apa penyebab HP Android terkena virus serta bagaimana cara mengatasi hp kena virus.
Yuk kita simak 7 penjelasan berikut versi dnerofficial.com, serta hal-hal apa saja yang perlu diketahui.

7 Penyebab dan Ciri-ciri HP Android Terjangkit Virus


Ciri-ciri HP Android Terjangkit Virus yang Perlu Diketahui
Penyebab HP Android Terkena Virus

1. Muncul iklan Pop Up Secara Tiba-Tiba


Apa itu iklan pop up, iklan pup up yang biasa kita temukan adalah iklan yang muncul saat kita membuka aplikasi tertentu. Namun jika suatu waktu HP Android Anda memunculkan pop up secara tiba tiba, ini menjadi tanda bahwa perangkat Anda bisa jadi akan terserang virus.

Saat sedang membuka aplikasi tertentu, lalu apa itu iklan pop up berbahaya? Tentu saja tidak, tetapi terkadang iklan pop up juga bisa muncul dengan sendrinya bahkan saat Anda sedang tidak melakukan apa-apa pada ponsel.

Jika demikian yang terjadi jangan sekali kali menerima pop up, karena akan membawa Anda pada web virus atau malware.

Ciri-ciri HP Android Terjangkit Virus yang Perlu Diketahui
Virus yang Bikin HP Lemot

2. HP Android Terasa Lemot


Tanda selanjutnya yang bisa terlihat jelas dan dirasakan ketika Smartphone terserang virus adalah HP Android terasa lemot. Karena adanya peningkatan penggunaan kuota data internet yang tidak seperti biasanya.

Mengapa demikian? Sebab pada saat perangkat terinfeksi bug berbahaya maka di saat itulah virus jenis ini akan menggunakan sumber kuota internet untuk bisa menampilkan iklan serta mengirim informasi untuk masuk ke dalam perangkap virus.

3. Baterai Cepat Habis


Baterai yang cepat habis biasanya dikaitkan dengan kondisi baterai yang sudah tidak baik atau karena kita sendiri menggunakan perangkat secara tidak bijak.

Namun, tahukah Anda? Baterai cepat habis juga dikaitkan dengan adanya virus atau malware yang mulai menjangkit loh. Sebab virus atau malware sendiri pada kenyataannya memanfaatkan sumber daya perangkat untuk memicu terjangkitnya.

Ciri-ciri HP Android Terjangkit Virus yang Perlu Diketahui
Cara Mengatasi HP Terkena Malware

4. Panggilan Telepon dan SMS Tidak Jelas


Nah, tidak hanya menjangkit pada satu perangkat saja. Virus atau malware bisa menyebar dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya, karena sifat virus itu dapat menyelinap dan merusak sistem aplikasi program tanpa diketahui.

Kemudian hal ini dilakukan dengan mengirimkan tautannya melalui sms, telepon, email dan lain sebagainya ke semua pengguna kontak yang ada di perangkat yang terjangkit.

Contoh lainnya saat Anda sedang menelpon tiba-tiba sambungan terputus dengan sendrinya, tetapi hal tersebut bukan karena sinyal yang buruk atau pun pulsa habis. Jika demikian tentu hal ini perlu dicurigai, karena virus malware jenis inilah yang sering memutuskan sambungan telepon dengan sendirinya.

5. Muncul Aplikasi Tidak Dikenal


Munculnya aplikasi tidak dikenal secara tiba-tiba ini biasanya, terjadi akibat kita tidak sengaja mengklik sebuah tautan tertentu yang tidak dikenal saat mengakses suatu situs tertentu.

Mungkin bisa jadi itu adalah salah satu ciri-ciri HP Android terjangkit virus, sehingga jika kalian mendapati hal yang seperti itu maka segeralah hapus aplikasi tersebut.

6. Terjadinya Peningkatan Paket Data


Sering kali kita merasakan paket data yang cepat habis, hal ini terjadi akibat malware berbahaya atau server peretas yang masuk melalui sebuah situs web tertentu. Saat Anda mengunjungi situs web tertentu atau mengunduh file ke sebuah situs mencurigakan, dari sini lah virus malwareatau server peretas ini masuk di Hp Android anda.

Ikuti Juga Artikel Lainnya :
  1. Informasi Baterai HP Badak?
  2. Software Pembuat Aplikasi Android
  3. Cara Merawat HP Android Supaya Awet
  4. Cara Mengatasi Memori Internal Penuh
  5. Cara Mengambil Foto Bagus Dengan Kamera HP
  6. Cara Mengamankan Data Pribadi Android Dari Pencuri
  7. Cara Menghilangkan Iklan Di HP Android Peling Ampuh
Ciri-ciri HP Android Terjangkit Virus yang Perlu Diketahui
Cara Menghilangkan Virus di HP

7. HP Android Cepat Panas


HP Android yang cepat panas itu memang umum terjadi, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor antara lain seringnya bermain game, menonton video, atau terlalu banyaknya menggunakan aplikasi yang dijalan secara bersamaan.

Sehingga hal ini dapat menyebabkan daya baterai anda cepat habis. Namun, jika anda mengalami HP Android yang tiba-tiba panas tanpa sebab tentunya itu perlu dicurigai. Mungkin saja itu salah satu ciri-ciri HP Android terjangkit virus.

Jika HP Android anda mengalami ciri-ciri seperti diatas. Cara mengatasinya saya sarankan kepada para pengguna, dianjurkan cukup menggunakan aplikasi anti virus yang terbaik yang sesuai dengan spesifikasi smartphone Anda.

Uraian diatas adalah informasi lengkap yang membahas ciri-ciri HP Android terjangkit virus yang perlu diketahui. Dengan mengenali gejalanya, Anda akan terbantu lebih awal terkait penanganan dan cara mengatasi virus di HP secara cepat. Sehingga tidak menimbulkan hal yang semakin parah dari serangan virus yang harus segera Anda atasi dengan bijak.

Semoga rangkaian informasi ini bermanfaat.

0 Response to "Ciri-ciri HP Android Terjangkit Virus yang Perlu Diketahui"

Catat Komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel